Pengalaman Bintitan.

Jadi begini ceritanya. (ala ala kismis yey)

Kira kira hari Rabu minggu kemaren, mata kiri gw rasanya koq ga enak banget ya. Itu sore, masih di kantor. Trus gw inget kemaren sewaktu pulang dari kantor, mata kiri gw kayak kelilipan, tapi karena pas nyampe di kos, kelilipannya udah ilang, jadi kaga gw apa apain tuh mata. Nah Rabu malem, koq bawah mata makin bengkak ya. Eh pas diraba, ada benjolan kecil dan sakit, kayak kalo muncul jerawat gitu. Duh mak gawat, tampaknya ane gejala bintitan nih. Tapi kalo di-googling (canggih amat dunia sekarang, info bintitan pun bisa googling), katanya bintitan itu biasa muncul di kelopak mata (bagian atas dong). Lah trus bengkak bawah mata gw ini apa namanya?

Jadi gw anggap aja itu memang bintitan. Dan besok paginya mata kiri gw yang memang sudah berkantung tebal ini makin parah aja bengkaknya, dan merah, dan gatel. Pret! Malu rasanya kalo di-notice ama orang, huehehe…akhirnya dengan bekal info dari Google, abis makan siang gw ngacir ke Century. Minta gentamycin ama penjaganya, katanya ngga ada, jadi dikasih chlorampenicol dalam wujud salep. Dan terus gw juga baca, kalo salep ga mempan, bisa minum antibiotik << HANYA KALO belum sembuh setelah 3-7 hari lho. Tapi karna gw nekat (dan sedikit sebel ama si bintit), jadi gw belilah juga itu amoxicilin. Nyampe rumah langsung praktek. Gw lepas softlens, cuci mata (yang kalo mata kirinya disentuh aduh mak sakitnya) trus pake salep, abis makan gw tenggak itu antibiotik. Lalu tidur…

Paginya (udah sedia cermin disamping bantal bok!) gw curi curi pandang ke cermin walaupun masih ngantuk, dan…loh koq bola mata gw ikutan bengkak ya…? Bagian putihnya, apalah itu namanya,,,kayak menonjol gitu…gw panik dikit tapi masih baring aja dikasur :p Kemana mata indah gw? #huek

Ternyata setelah googling lebih lanjut, salep antibiotik gitu katanya juga mengandung steroid yang memang efek sampingnya bikin bengkak…untungnya beberapa waktu kemudian bengkaknya mereda. Gw udah panik sendiri aja, kirain gw kena penyakit apa ini. Dan sampai weekend gw masih pakai itu salep & minum antibiot. Pokoknya yang ada di kepala gw, ini bengkak & benjol musti cepet sembuh aja!

Hari ini, bintitannya sudah ilang….hore….sebenernya dari senin kemarin sih, udah kempes sama sekali. Tapi gw masih lanjut abisin antibiotik. Salepnya udah di-stop. Dan gara gara si bintit, gw jadi puasa pakai softlens dulu untuk sementara (ada bagusnya juga sih, gw jadi beli kacamata baru ;p). Jadi sekarang style gw ala ala beautiful geek (emang situ beautiful? ;p) pake kacamata gede. Berasa balik ke jaman SMA sampai awal awal kuliah, masih pake kacmat, masih kayak nerd banget. Bodo lah, duit kacmat diganti ama kantor ini.

Mungkin nunggu seminggu lagi kali ya, baru gw mulai begaya gaya lagi dengan softlens. Soalnya sebelum muncul bintitan, gw udah sempat beli sepasang softlenses baru, hiks…biru lho! Lucu deh ;D

Oiya, biar post ini tidak sekedar curhat bintitan murahan doang, marilah baca beberapa poin penting yang gw dapat berkaitan dengan peristiwa bintitan tak diundang:

  1. Pemakai softlens, tiap hari HARUS bersihin softlens dan lepas softlens saat tidur. Mau softlens nya senyaman apapun, ini aturan kaga boleh ditawar ya. Apalagi softlens tersebut dipakai seharian, mulai dari rumah, ke jalan, ke kantor, ke warteg, ke halte busway…kena angin Jakarta yang ramah debu ini, wuah…ga bisa banget dibawa tidur.
  2. Sekiranya pun si softlens lagi dirumahkan, sebisa mungkin tiap malem dibilas dan ganti airnya.
  3. Kalau tiba tiba berasa matanya kelilipan atau ada yang ngganjel, segera lepas softlens (kalo pake) dan bilas, trus langsung bersihin mata juga. Jangan tunda lagi! << iklan banget ;p
  4. Kalo mata berasa mulai gatal/memerah/membengkak, coba di-wipe pelan2 itu mata dengan kapas & air anget…gw sih udah berani nyolok2 dikit bagian dalam mata (misalnya di waterlines atau tearducts buat ngeluarin belek & bekas make up, tentu saja pake cermin 10x zoom) biar bersihnya maksimal.
  5. Kalo memang gejala bintitan, pakai salep. Sebaiknya tanya ke apotik, jangan asal pakai🙂 Gw kemaren langsung point out ke salep antibiotik karena gw ga bakalan mau nunggu lebih lama biar si bintit ini sembuh.
  6. Nah gw lagi pengen banget bersihin bola mata nih. Cuma bingung mau pakai cairan apa, karna gw pernah coba Y-Rins, tapi setelah baca kertas didalam box-nya, ternyata Y-Rins ga cocok buat pemakai softlens, dan emang bener mata gw perih kalo dicuci pake Y-Rins. Huks…padahal dulu cocok aja… Baca dari google, ada yang nyaranin boor water, tapi ada juga yang bilang jangan pake boor water dalam jangka waktu lama, soalnya memicu katarak. Okeh, boor water coret! ;p Trus temen gw nyaranin pake larutan NaCl aja, lebih aman dari boric acid. Lalu gw baca juga ada yang bersihin matanya pakai baby shampoo, hehehe…gw cobain juga sih, dan emang ga perih, mata gw wangi zwitsal :p (Edit: barusan ke Century katanya larutan NaCl kaga bisa buat mata. Kata penjaganya, pakai insto/visine/dan sejenisnya aja, tapi gw kurang yakin. Yasudlah gw kembali ke sampo bayi aja. ;p)
  7. Kalo buat pemakai softlens sekaligus bencong dandan macam gw, sebaiknya pakai softlens sebelum dandan dan lepas softlens sebelum bersihin make up. Soalnya kalo lagi make up mata yang berat, lalu langsung bersihin tanpa lepas softlens, beresiko si softlens kotor kena minyak/cairan pembersih make up.
  8. Kalo cuci muka juga sebaiknya mata udah bebas dari softlens, karna softlens yang kena air keran bisa terkontaminasi. Pokoknya dibikin supaya itu softlens se-higienis mungkin deh.
  9. Gw juga pengen minum vitamin mata yang bisa menguatkan bulu mata biar ga rontok2…hehehe aneh ya. Tapi serius bulmat gw kadang rontok 1-2, dan langsung masuk ke mata,,,ini yang bikin kelilipan (selain debu Jakarta) dan gw harus tarik2 kelopak buat ngeluarin si bulmat.
  10. Pemakai kacamata, tiap hari lensanya dibersihin pake kain lap khusus yang biasanya dikasih saat beli lensa, biar lensanya kaga kabur ;p Lucu kan matanya udah bagus, bersih, eh kacamatanya blurry ;p

Hemm apa lagi ya…itu dulu deh. Yang jelas daritadi gw sangat concern tentang kesehatan dan kebersihan mata di post ini soalnya ini mata euy…kalo rusak susah cari gantinya. Lagian katanya kan mata adalah jendela hati, hihihi

 

 

TSS.