Rokok.

Pokoknya gw gak ngerti, apa sih enaknya ngerokok. Jadi gini, seseorang itu merokok pasti karena dia lihat orang lain ngerokok duluan kan. Dan gw yakin, anak2 itu (yes, those kiddy kids, who would never get old) awalnya berpikir, “ih, itu apaan ya”. Gw yakin gak ada yang pertama kali liat orang ngerokok trus langsung berpikir “wow, keren, gw juga mau ah”. Pasti awalnya merasa aneh dulu. Benda apaan tuh ditaro dimulut trus di-api-in, mo ngebakar mulut?!

Nah, trigger dari rasa penasaran dan pertanyaan menuju ke keputusan untuk merokok inilah yang gw ga paham sampe sekarang. (Ceileh, trigger cuy, macam bahasa komputer aja) Apa sih maunya itu tukang ngerokok? Karna lu laki, jadi wajar (well, skarang cewe juga ngerokok sih) ? Berasa keren bisa nyemburin asap kiri kanan? Kata gw sih kerenan fire performer itu lah. API sekalian. Mulut asem? Yailah, kayak ga ada solusi laen aja, sikat gigi kaliiii!

Walaupun gw gak tahu (dan mungkin gak akan pernah tahu) apa penyebab orang normal mau jadi perokok (yes, you were pretty normal until you start smoking), tapi gw rasa gw cukup tahu akibatnya. Lupakan dulu peringatan bahaya rokok dan kampanye2 anti-rokok yang bilang “Rokok dapat (jeez, “dapat”, ga yakin banget!) menyebabkan kanker, kerusakan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin”, karna orang lain pasti bilang gw gak tahu benar soal itu, dan memang gw gak pernah ngisep rokok seumur hidup gw. Tapi satu hal yang gw yakin ditimbulkan oleh tembako dan nikotin dan lain lain bahan itu, adalah H.A.L.U.S.I.N.A.S.I.

Ya gampang aja, contoh paling dekat itu, pertama, tukang ngerokok berasa bangga sama dirinya sendiri. Kedua, berasa hidup sendiri di dunia. Peduli amat ama orang sekitar, ya kan? Kalo udah gitu mah gw gak bisa bilang apa apa lagi. Cuih.

 

 

TSS.
*Btw, my father smokes to, so I’m not saying he’s an exception, but I know that he’s willing to make his own life better. For another person, I don’t care.