Tokobagus.com.

Hari ini gw barusan meradang, jadi lumayan lah ada bahan buat nge-blog.

Jadi ceritanya itu gw beli pre-order jeans Zara dari salah satu forum wanita yang terkenal. Udah excited banget tuh waktu barangnya sampai, tapi ternyata setelah dicoba, pinggangnya kekecilan. Sebenernya kesel banget, tapi apa daya kalo gini kan gak bakal kepake. Jadilah gw memutuskan untuk jual lagi celana itu di Tokobagus.com, yang katanya “Situs Jual Beli No. 1 di Indonesia” – menurut image yang kepampang di halaman depannya – gw ampir mo muntah pas ngetik ini, tau.

Setelah susah payah ngarang kata kata buat dicantumin di deskripsi, dan nunggu lebih dari dua jam, ternyata hasil moderasi iklan celana gw hasilnya ditolak.  Biasa kalo iklan disetujui atau ditolak gitu, mereka suka ngasih alert ke e-mail ya. Ini isi e-mail yang gw dapet:

 

Tokobagus.com – Iklan anda belum sesuai dengan peraturan

Kepada Member Yth,

Terima kasih atas kesetiaannya menggunakan Tokobagus.com sebagai media iklan anda.

Iklan ditolak: produk/jasa tidak sesuai peraturan

Mohon maaf saat ini kami belum dapat menayangkan iklan anda karena produk/jasa yang ditawarkan tidak memenuhi peraturan Tokobagus;
diantaranya produk non original (kw/kw super/super copy/grade AAA, dll), adanya indikasi pelanggaran hak cipta/merek, Multi Level Marketing, forum, informasi penipuan, black market (illegal), senjata (atau benda sejenisnya), organ tubuh, perdagangan manusia, perdagangan tumbuhan & hewan dilindungi, penawaran asusila maupun hal-hal lain yang kurang sesuai dengan arahan bisnis tokobagus.
Kami sangat menyarankan dan mendukung anda untuk menawarkan produk/jasa yang riil dan sejalan dengan peraturan kami.

Silahkan kunjungi halaman berikut untuk mengetahui peraturan dalam menjual barang/jasa di Tokobagus :
http://www.tokobagus.com/halaman/content/11/page/peraturan/teks.asp

Berikut detail iklan anda,
 ID: 17947zzz
Judul: Zara TRF Skinny Jeans Emerald Green size 34

Terima kasih,

Tokobagus.com

 

Gw bingung bacanya. Sebenernya pertama kali gw baca ini gw udah langsung tahu, ini mah template. Yang cuma sekedar di-blast aja, gitu. Gak menjelaskan maksud sebenarnya kenapa iklan gw ditolak dengan jelas. Maka, gw isi form contact di websitenya, dan dalam waktu 1 menit langsung ada reply masuk ke e-mail gw, isinya:

 

Re: [Ticket#10505408] Iklan ditolak

Kepada YTH. shinypearldrops@gmail.com,

Terima kasih kesetiaannya untuk selalu menggunakan Tokobagus.com sebagai media iklan anda.
Sebagai usaha dalam meningkatkan kualitas iklan untuk produk/jasa di Tokobagus.com, saat ini kami berlakukan proses moderasi pada setiap iklan di semua kategori.
Iklan yang telah anda buat tidak akan langsung tampil pada http://www.tokobagus.com, namun akan melalui proses pengecekan/penyaringan (moderasi) terlebih dahulu. Tim support kami akan memilih iklan yang sesuai dengan peraturan umum di tokobagus.com untuk dapat ditampilkan secepatnya.
Agar iklan yang anda buat dapat tampil segera, mohon diperhatikan beberapa hal diantaranya seperti berikut :
Judul iklan yang sesuai dengan barang/jasa yang diiklankan (tanpa ada nomor telpon, url/link, symbol-symbol dan kata-kata yang tidak berkaitan dengan barang/jasa yang dijual).
Materi iklan, tidak menjual barang/jasa yang melanggar hak cipta/intelektual, seperti replika, kw/kw super, imitasi/tiruan dll.
Harga yang dicantumkan merupakan harga yang sudah tetap/nego/yang paling mendekati harga harapan, bukan Rp.1,-/Rp.0,-.
Gambar, Iklan harus terdapat foto/gambar yang dipasang sesuai dengan barang/jasa yang diiklankan, tidak ada nama situs yang tercetak (watermark).
Deskripsi berkaitan langsung dengan produk/jasa yang diiklankan, tidak menduplikasi dari halaman website lain (html), tidak menampilkan url/link/text yang merujuk ke situs lain yang serupa/kompetitor/blogspot/wordpress/tumblr/myspace ataupun toko online pribadi (kecuali menggunakan promo poin hubungan antar website).
Untuk informasi lebih lengkap mengenai peraturan yang kami sudah buat, silahkan kunjungi link berikut : http://www.tokobagus.com/halaman/content/11/page/peraturan/teks.asp
Kami mohon dengan sangat dimasa mendatang iklan yang anda buat dapat sepenuhnya sesuai dengan peraturan kami, agar tidak terjadi penghapusan/penolakan iklan anda.

Salam sukses,

Tubagus Fariz

 

Ooh…sekarang ada namanya toh. Siapa sih dia? Nevermind, tapi….lho, lho, ini isinya semakin membingungkan gw. Kayaknya mereka punya template satu lagi untuk “lebih menjelaskan secara detail”, tapi tetep aja tidak membuat gw mendapat pencerahan mengenai penolakan iklan gw. Masa harus gw breakdown satu satu poin yang disebutin sama dia didalam e-mail itu? Oke, coba ya:

  • Judul iklan: Zara TRF Skinny Jeans Emerald Green size 34. Kurang jelas apa coba. Gak ada nomor telpon, gak ada link, gak ada symbols, gak ada kata kata yang gak berkaitan dengan barang jualan gw.
  • Materi: Zara TRF yang gw jual original, beli dari di Spain lewat pihak ketiga.
  • Harga: jelas jelas gw tulis 320,000 koq.
  • Gambar: satu gambar model dari websitenya Zara tanpa watermark (gw yakin ini nggak melanggar), dan dua foto asli dari kamera gw sendiri.
  • Deskripsi: yaiyalah berkaitan ama barangnya, masa nggak. Gak ada gw copy2 dari website lain, bahkan dari website Zara sendiri, karna memang disono nggak ada keterangan barang. Gak ada gw ngelink ke url lain karena gw TAHU aturan dari mereka emang nggak boleh.

So? Apa salah gw? Makanya gw makin bingung. Akhirnya gw reply e-mail itu, protes. Karena selain Zara ini, gw upload juga 1 barang lain, sama sama celana, tapi mereknya Stradivarius. Deskripsi dan segala galanya SAMA, cuma gw bedain di nama barang (yaiyalah kan barangnya juga bedaaaa) dan harganya. Tapi si Stradivarius disetujui sementara Zara nggak.

Eh, wait, wait….did I mention “Zara” too many times? Hemm…gw baru inget,,,,dan kecurigaan terbesar gw adalah…

Jangan jangan alesan si tokobagus nolak iklan gw adalah karena dia pikir Zara gw KW? For Heaven’s sake! Kalo bener begitu, darimana dia bisa mutusin itu barang kw atau bukan? Apakah gw harus nulis gede gede ORI, ASLI di iklan gw? Kalo kayak gitu bukannya malah orang lebih curiga kalo itu barang palsu? Apakah gak cukup gw tulis “preorder clothes from Spain (Female Daily forum)” karena gw pikir semua wanita (gw gak jual celana ini buat dipake ama yg punya batangan) sudah tahu bahwa para penjual di Female Daily itu tidak boleh menjual barang palsu/kw?

Ini yang sampai sekarang gw tidak mengerti. Begitu gw bales lagi e-mail itu, tidak ada lagi balasan secepat kilat seperti sebelumnya. Tampaknya support-nya sudah pulang. Jam kantor udah selesai. Benar dugaan gw, balasan cepat cuma karena mereka punya “template” yang bisa di-copy-paste dan langsung kirim. Sekarang entah e-mail kedua gw akan dibaca dan ditindak atau tidak. Tapi kecurigaan gw tetap seperti sebelumnya, bahwa para “moderator” di tokobagus terlalu “kuper” untuk tahu dan memutuskan mana barang yang bisa mereka anggap original atau bukan. How shallow.

Dan satu lagi yang gw gak terima, iklan ditolak itu ada foldernya sendiri (kalo nggak, kenapa dibikin menu sendiri, hayo). Tetapi iklan gw yang ditolak, gak dimasukkan ke dalam folder/menu itu, malah langsung hilang tanpa jejak seakan gw gak pernah bikin iklan itu. Ini yang bikin gw meradang setengah mati. Dipikir gampang apa, nyusun kata, kopi2, atur2in supaya jelas dibaca iklannya? Itu penghinaan dan gak menghargai si pembuat iklan sama sekali.

 

Pengalaman seperti ini membuat gw hampir kepada keputusan untuk tidak menggunakan website brengsek itu lagi sebagai media jualan. Gak laku disitu juga. Pelajaran yang bisa diambil, dan mungkin juga pesan untuk calon penjual lainnya, kalo kamu mau jualan barang high-end, entah itu fashion wanita atau yang berhubungan dengan health/beauty/makeup high-end, sebaiknya jangan dijual di tokobagus. Percuma. Soalnya gw udah liat iklan iklan yang lain (seputar fashion & makeup ya), itu cuma buat konsumen menengah kebawah yang mungkin gak cukup tahu dan gak beminat beli barang dengan harga yg sedikit tinggi. Jadi kalo jualan barang cewek yang agak mahal disana, lama lakunya. Belom lagi tim di belakangnya yang sumpah tidak tahu apa apa. Gw malah bertanya tanya, dasar apa yang mereka pakai untuk memoderasi iklan iklan yang masuk. Kalo gw yang jadi moderatornya mah, bisa lain tuh isi websitenya.

 

Ngomong2, karena ini udah malem dan pastinya kantornya udah tutup (huek), kita tunggu aja besok pagi apa yang akan terjadi.

 

 

TSS,

2 thoughts on “Tokobagus.com.

  1. Kejadian yang sis alami sama dengan saya, Sepertinya tokobagus belum memahami tentang hukum dan undang-undang perlindungan konsumen UU NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN Pasal 4 ayat 3, hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa, ayat 4 hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan, ayat 7, hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif.

    • Wah, kamu punya dasar pembelaan yang bagus, gw aja gak tahu kalo ada undang undang kayak gini🙂
      Tokobagus is dead to me lah…. mungkin aja suatu saat nanti kalo konsumen2nya yang merasa dikecewakan bisa bersatu menuntut balik…

Comments are closed.