Bedanya Jualan di FemaleDaily dan di Kaskus

Female Daily (disingkat FD, a member of Female Daily Network) adalah sebuah forum yang anggotanya kebanyakan wanita. Isinya cukup umum, walaupun memang lebih banyak membahas tentang wanita dan dunianya. Kalo Kaskus, gak perlu dijelasin lah ya, semua pasti udah tahu, dan cakupan topik yang dibahas disana mungkin lebih bervariasi daripada Female Daily secara anggotanya juga lebih banyak dan terdiri dari pria dan wanita.

Gw iseng iseng menggelar ‘lapak’ di kedua forum tersebut, dan melihat ada beberapa perbedaan dalam hal jual-menjual disana. Berikut yang bisa gw rangkum:

  1. Di Kaskus, bahkan newbie kemaren sore (istilah mereka di Kaskus) bisa membuat thread baru untuk berdagang. Di FD, seorang member harus minimal mempunyai 600 posts dan sudah menjadi member selama 6 bulan. Dan jumlah dan isi post satu member di FD sangat diperhatikan, ada banyak threads yang tidak menghitung jumlah post, aturan sebuah post adalah lebih dari 50 karakter, dan jika sebuah post melanggar aturan2 yang sudah ditetapkan, maka dengan secepat kilat akan dimoderasi oleh moderator, bahkan dihapus. Jadi, untuk ‘mengejar’ 600 posts itu butuh waktu dan usaha lebih dibandingkan kejar postingan di Kaskus.
  2. Member FD lebih aware terhadap sesuatu merek/brand, sementara di Kaskus (member wanitanya) menurut gw tidak terlalu ‘ngeh’ kalo udah ketemu merek yang aneh aneh, apalagi yang tidak dijual di Indonesia.
  3. Dengan demikian maka dapat gw katakan juga member Kaskus daya belinya rendah untuk brand mid-to-high end dibandingkan member FD.
  4. Karena di Kaskus lebih ‘terbuka’ daripada FD, maka calon pembeli pun bebas datang dan pergi sesuka hati, tidak ada aturan atau batasan tertentu, misalkan seseorang di Kaskus hari ini bisa berkata ‘mau beli barang ini dong’ tapi 2 menit kemudian bisa batal, coba kalo di FD, udah di-blacklist kali itu orang.
  5. Member Kaskus gak tahu malu kalo nawar barang. Ckckckckck…
  6. Gw rasa, melacak seseorang di Kaskus tampaknya lebih susah daripada di FD. Soalnya Kaskus masih memperbolehkan (atau mungkin, ada undergroud rules) double ID. Member FD tidak boleh mempunyai lebih dari 1 ID (atau kurang-lebih begitulah yang selama ini gw lihat, belum pernah nemuin 1 orang punya 2 atau lebih user ID).

Gitu aja kali ya. Sebenernya gw cuma mau point-out orang2 di Kaskus yang tukang nawar sembarangan (walaupun di FD juga masih ada yang gak tahu malu kayak gitu) dan kurang sopan santunnya. Tapi yah selama masih bisa diatasi & barang gw laku, enjoy aja.

 

TSS.